Resep Bingka Gula Merah Kukus - Lezat Dan Mudah Dibuat!

Resep Bolu Kukus Gula Merah Resepedia
Resep Bolu Kukus Gula Merah Resepedia from resepedia.id

Apa itu Bingka Gula Merah Kukus?

Bingka gula merah kukus adalah sejenis makanan khas Indonesia yang dibuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang dicampur dengan gula merah, santan, dan rempah-rempah. Setelah dicampur, adonan tersebut dimasukkan ke dalam cetakan bulat atau persegi, kemudian dimasukkan ke dalam alat pengukus atau disebut juga steamer. Setelah kukus selama beberapa saat, bingka gula merah kukus siap disajikan.

Kelebihan Bingka Gula Merah Kukus

Bingka gula merah kukus menawarkan berbagai kelebihan. Pertama, makanan ini mudah untuk disiapkan. Meskipun membutuhkan beberapa bahan, tapi proses membuatnya sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kedua, bingka gula merah kukus juga sangat lezat. Rasa gurih dan manis dari gula merah serta aromanya yang harum menjadikan makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Bahan-Bahan untuk Bingka Gula Merah Kukus

Untuk membuat bingka gula merah kukus, Anda memerlukan berbagai bahan seperti beras, gula merah, santan, telur, dan rempah-rempah. Bahan utama adalah tepung beras atau tepung tapioka, yang bisa Anda dapatkan di toko-toko khusus. Selain itu, Anda juga memerlukan gula merah, telur, dan santan. Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis dan vanili untuk memberikan rasa yang lebih kompleks.

Cara Membuat Bingka Gula Merah Kukus

Pertama, campurkan tepung beras atau tepung tapioka dengan santan, gula merah, dan air. Aduk hingga merata. Lalu, masukkan telur dan aduk hingga tercampur sempurna. Jika Anda ingin memberikan rasa yang lebih kompleks, Anda bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis dan vanili. Setelah adonan siap, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Masukkan loyang ke dalam alat pengukus dan kukus hingga matang.

Cara Menyajikan Bingka Gula Merah Kukus

Setelah bingka gula merah kukus matang, angkat dan dinginkan selama beberapa menit. Jika sudah dingin, keluarkan bingka dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Bingka gula merah kukus siap disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan sirup gula merah, atau bisa juga disajikan dengan kopi atau teh. Bingka gula merah kukus juga enak dimakan dengan roti panggang atau bisa juga disantap begitu saja.

Kesimpulan

Bingka gula merah kukus adalah sejenis makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka, gula merah, santan, dan rempah-rempah. Makanan ini mudah untuk disiapkan dan sangat lezat. Cara membuatnya juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bingka gula merah kukus cocok disajikan sebagai camilan, atau bisa juga disajikan bersama kopi atau teh. Jadi, jika Anda ingin mencoba membuatnya, silahkan coba resep bingka gula merah kukus ini!

Comments

Popular posts from this blog

111+ Sugar Water

View Sebuah Taman Yang Berbentuk Lingkaran Memiliki Diameter 24 M Maka Luas Taman Tersebut Adalah M2 Pictures

List Of Best Cash Management App Ios References