Resep Singkong Kukus Gula Merah, Nikmatnya Menggugah Selera

Resep Bolu Kukus Gula Merah Resepedia
Resep Bolu Kukus Gula Merah Resepedia from resepedia.id

Bagi yang suka masakan Indonesia yang tradisional, maka resep singkong kukus gula merah pasti tak asing lagi. Masakan yang satu ini memang terkenal karena kombinasi manis gurihnya, serta cita rasanya yang nikmat. Membuat singkong kukus gula merah pun tidak sulit, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk bahan-bahannya, kamu hanya memerlukan singkong, gula merah, dan garam. Bumbu-bumbunya pun cukup sederhana, hanya terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, dan cabai. Kombinasi bahan dan bumbu-bumbu ini akan menciptakan masakan yang sedap dan lezat.

Langkah-Langkah Membuat Singkong Kukus Gula Merah

Langkah 1: Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan utama yang dibutuhkan adalah singkong. Pilihlah singkong yang masih segar dan berwarna hijau. Setelah itu, bersihkan dan cuci singkong hingga bersih. Potong-potong singkong menjadi bentuk kubus kecil atau sesuai selera.

Selain singkong, kamu juga perlu menyiapkan gula merah, garam, bawang putih, bawang merah, jahe, dan cabai. Potong bawang putih dan bawang merah menjadi irisan tipis. Rebus jahe dan cabai sebentar, lalu haluskan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air matang.

Langkah 2: Kukus Singkong

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, kamu bisa mulai membuat singkong kukus gula merah. Siapkan wadah yang besar, lalu letakkan singkong di dalamnya. Tambahkan garam dan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, lalu aduk rata hingga merata.

Setelah itu, siapkan alat pengukus. Masukkan singkong ke dalam alat pengukus, lalu masukkan air matang secukupnya. Kukus singkong hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Membuat Gula Merah

Untuk membuat gula merah, kamu bisa menggunakan gula pasir secukupnya. Rebus gula pasir dengan air secukupnya hingga terbentuk cairan yang kental. Pada tahap ini, kamu bisa menambahkan sedikit perasa untuk memberikan rasa lebih nikmat. Setelah gula merah jadi, angkat dan sisihkan.

Langkah 4: Menyajikan Singkong Kukus Gula Merah

Tumis singkong yang sudah dikukus dengan sedikit minyak secukupnya. Setelah itu, masukkan gula merah ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga merata, lalu angkat dan sajikan. Singkong kukus gula merah sudah siap disantap.

Demikianlah Cara Membuat Singkong Kukus Gula Merah

Kamu tahu kan sekarang bagaimana cara membuat singkong kukus gula merah? Resep singkong kukus gula merah ini memang cukup mudah untuk dibuat, namun rasanya yang nikmat pasti bisa membuat selera kamu bergairah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

111+ Sugar Water

View Sebuah Taman Yang Berbentuk Lingkaran Memiliki Diameter 24 M Maka Luas Taman Tersebut Adalah M2 Pictures

List Of Best Cash Management App Ios References